Hidroponik Smkn 1 Kendal Ngawi Sebagai Wadah Kreativitas Siswa Dalam Beragrobisnis

Manfaat

Point penting manfaat yang diharapkan disini adalah dengan Hidroponik di SMKN 1 Kendal (Hi-Skanda) akan menumbuhkan atau mengembangkan jiwa enterpreneurship siswa dalam bidang agrobisnis. Siswa akan memiliki keterampilan budidaya sayuran dengan hidroponik mulai dari penyemaian sampai panen, serta memiliki keterampilan pemasaran hasil panen serta dapat mengolah hasil panen menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual lebih tinggi.


Sasaran

Inovasi ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa enterpreneurship siswa di bidang agrobisnis. Siswa akan dibekali cara budidaya tanaman produktif lewat media hidroponik, mulai dari penyemaian benih, pemindahan benih ke hidroponik, perawatan tanaman, panen tanaman, sampai pemasaran serta pengolahan hasil hidroponik pasca panen. Siswa akan berlatih bagaimana beragrobisnis mulai dari awal tanam sampai pasca panen. Siswa akan berlatih bagaimana memasarkan hasil pasca panen serta membuat olahan hasil hidroponik menjadi krupuk sawi, stik sawi, dan kripik bayam. Sasaran penting dalam inovasi ini adalah menumbuhkan jiwa enterpreneurship siswa dalam bidang agrobisnis, memberikan keterampilan siswa SMK untuk mempersiapkan mereka menjadi enterpreneur di masa depan di luar keahlian kejuruan mereka.


Deskripsi

HIDROPONIK SMKN 1KENDAL NGAWI

SEBAGAI WADAH KREATIVITAS  SISWA DALAM BERAGROBISNIS

SASARAN   INOVASI

Hidroponik di SMKN 1 Kendal yang bernama Hi-Skanda merupakansalah satu wadah untuk menyalurkan minat siswa di bidang pertanian. Denganletak strategis SMKN 1 Kendal yang berada tepat di kaki Gunung Lawu dengan lingkungan sekolah terlihat asridengan udara yang sejuk, membuat banyak tanamansayur yang cocok untuk ditanam di SMKN 1 Kendal. Pemilihan hidroponik dilakukan karenakepraktisan, keefisienan, dan kemudahan dalam perawatan tanaman.

Inovasiini bertujuan untuk mengembangkan jiwa enterpreneurship siswa di bidangagrobisnis. Siswa akan dibekali cara budidaya tanaman produktif lewat mediahidroponik, mulai dari penyemaian benih, pemindahan benih ke hidroponik,perawatan tanaman, panen tanaman, sampai pemasaran serta pengolahan hasilhidroponik pasca panen. Siswa akan berlatih bagaimana beragrobisnis mulai dariawal tanam sampai pasca panen. Siswa akan berlatih bagaimana memasarkan hasilpasca panen serta membuat olahan hasil hidroponik menjadi krupuk sawi, stiksawi, dan kripik bayam.

Sasaranpenting dalam inovasi ini adalah menumbuhkan jiwa enterpreneurship siswa dalambidang agrobisnis, memberikan keterampilan siswa SMK untuk mempersiapkan merekamenjadi enterpreneur di masa depan di luar keahlian kejuruan mereka.

 

MANFAAT INOVASI

SMKNegeri 1 Kendal yang memiliki lingkungan asri dan sejuk menjadi nilai tambahuntuk daya tarik sekolah. Di sekolah sudah mulai dibudayakan untukmenanam sayuran sebagai salah satu bentuk penghijauan yang ada di sekolah.Sebelum ada hidroponik di SMKN 1 Kendal sistem penanaman yang digunakan adalah sistemkonvensional dengan polibag yang diisikan tanah dan ditata disetiap depan kelas.

Denganadanya Hidroponik sekarang yang sudah dijadikan sebagai salah satuEkstrakurikuler di sekolah, minat siswa terhadap pertanian semakin banyak.Selain belajar dengan tanaman hidroponik yang lebih sehat dan higienis siswajuga mulai berkreasi dengan hasil tanaman hidroponik. Selain berkreasi denganolahan dari tanaman hidroponik, lingkungan sekolah menjadi lebih indah, asridan lebih produktif lagi. Adanya tanaman membuat udara sekitar sekolah menjadilebih bersih dan sejuk. Hal ini karena tanaman hijau membutuhkan karbondioksida untuk fotosintesis dan menghasilkan oksigen.

Apalagi,metode hidroponik tidak menggunakan bahan kimia untuk pemupukan danpenanggulangan hama. Pupuk yang digunakan menggunakan pupuk organik atau pupukbuatan sendiri sehingga lebih sehat bagi lingkungan. Dengan mengenalkan metodepenanaman hidroponik, diharapkan hal ini akan membantu penanaman pendidikankarakter siswa. Siswa yang belajar merawat tanaman akan lebih peduli akankelestarian lingkungan sekitarnya.

Siswajuga akan belajar untuk berinteraksi dan juga lebih menghargai usaha. Saathasil tanaman bisa dipanen, siswa bisa belajar bahwa untuk mendapatkan hasilyang baik maka perlu untuk melakukan usaha yang maksimal juga.

Pointpenting manfaat yang diharapkan disini adalah dengan Hidroponik di SMKN 1Kendal (Hi-Skanda) akan menumbuhkan atau mengembangkan jiwa enterpreneurshipsiswa dalam bidang agrobisnis. Siswa akan memiliki keterampilan budidayasayuran dengan hidroponik mulai dari penyemaian sampai panen, serta memilikiketerampilan pemasaran hasil panen serta dapat mengolah hasil panen menjadi sesuatuyang memiliki nilai jual lebih tinggi.

 

DESKRIPSI LENGKAP DARI INOVASI

Tanamanhidroponik yang dikenal dengan melakukan budidaya menanam dengan memanfaatkanair tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisibagi tanaman dinilai cocok untuk diterapkan di lingkungan SMK Negeri 1Kendal. Letakstrategis sekolah yang dekat dengan sumber air dan dengan udara yang sejukmembuat budidaya sayurandengan system hidroponik sangat cocok dilakukan. Hidroponikdi lingkungan sekolah sangat banyak manfaatnya, selain untuk membuatlingkungan lebih nyaman, juga menjadi salah satu sarana edukasi bagi para siswa. Mereka bisa mengenal sistem hidroponik, sistem tanam yang menggunakan media tanamair.

Jika dulu mereka hanya tahu bahwa media tanam itu hanya tanah, yangsering mereka hindarikarena petani identik dengankotor, tanah, lumpur, kini mereka tidak ragulagi. Selainbertani dengan bersih karena media yang digunakan adalah air, tanaman bebaspestisida, dan yang menjadi keunggulannya adalah masa panen yang lebih cepatdaripada ditanam di tanah. Hal itulah yang membuat siswa menjadi begitu antusias dengan Hidroponik.

Selain masa panen yang lebih cepatdibandingkan dengan yang ditanah, sayuran hidroponik juga lebih segar dan lebihtahan lama untuk penyimpanannya. Untuk rasa, sayuran hidroponik memiliki rasa yang lebih segar daripada sayuran biasa.Selain dapat dikonsumsi langsung,beberapa hasil sayuran hidroponik juga di jual kepada guru dan karyawan SMKNegeri 1 Kendal, dan sebagian ada yang diolah menjadi makanan ringan seperti krupuk sawi, stik sawi,dan kripik bayam. Untuk jenis olahan yang terbuat dari hasilhidroponik dijual di kopsis sekolah, sehingga para siswa, guru dan karyawan dapatdengan mudah untuk menemukan hasil dari hidroponik. Sudah banyak jenis sayuranyang di budidayakan di SMK Negeri 1 Kendal yaitu aneka jenis sawi (sawi manis,pakcoy, sawi samhong, sawi pagoda, sawi nai bai), kangkung, bayam hijau, bayam merah, bayam belang,selada merah, dan seladahijau.

Manfaat  utama yang diharapkan dari inovasi ini adalah dengan Hidroponik di SMKN 1Kendal (Hi-Skanda) akan menumbuhkan atau mengembangkan jiwa enterpreneurshipsiswa dalam bidang agrobisnis. Siswa akan memiliki keterampilan budidayasayuran dengan hidroponik mulai dari penyemaian sampai panen, serta memilikiketerampilan pemasaran hasil panen serta dapat mengolah hasil panen menjadisesuatu yang memiliki nilai jual lebih tinggi. https://dindik.jatimprov.go.id/siiska/inovasi/231/hidroponik-smkn-1-kendal-ngawi-sebagai-wadah-kreativitas-siswa-dalam-beragrobisnis